news & activities

Pelatihan dan Pembinaan UKM-Kerjasama 7-Eleven dan LL-KUKM

29 Apr 2014

Program Kemitraan 7-Eleven dan LLP-KUKM

Mendukung UKM untuk Masuk Pasar Retail Modern

Jakarta, Rabu 30 April 2014. 7-Eleven bekerja sama dengan LLP-KUKM mengadakan pelatihan kelas pertama kewirausahaan untuk 30 orang yang mewakili 15 Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pelatihan dimulai pada hari Rabu (30/4) bertempat di gedung SME Tower, Jakarta.

Banyak UKM di Indonesia yang menghasilkan berbagai macam produk yang bagus dan menjual. Sayangnya, kebanyakan tidak mempunyai konsep pemasaran yang rapih sehingga menjadikan UKM tersebut kurang dikenal secara luas.

7-Eleven dan LLP-KUKM focus, bersinergi melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap UKM sejak tahun lalu melalui program kemitraan KUKM dengan brand UKM Corner. UKM yang telah bergabung di UKM Gallery dan Paviliun Propinsi diberi kesempatan memasok gerai 7-Eleven sesuai standar keamanan pangan yang telah ditentukan dan bersedia dibina bersama oleh 7-Eleven. Pelatihan pun tetap sejalan dengan PP No. 32 Tahun 1998 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil

7-Eleven berharap akan dapat lebih banyak membina dan mengembangkan UKM karena kelak selain sebagai pemasok, para UKM-lah yang nantinya akan mengelola outlet-outlet 7-Eleven.

Pelatihan ini sebagai jawaban akan meningkatnya geliat wirausaha yang ada di Indonesia di buktikan dengan munculnya berbagai macam kelompok UKM, dimana UKM itu sendiri adalah bagian integral dari perekonomian nasional yang dapat dijadikan indikator kestabilan perekonomian Indonesia.

Pembinaan yang dilakukan berbentuk pelatihan dasar tentang kewirausahaan yang meliputi produksi, packaging, labelling, branding dan strategi pemasaran. Hingga saat ini sudah ada sekitar 36 UKM yang di bina dan dikembangkan oleh 7-Eleven. Dan semua UKM binaan tersebut produknya dapat dinikmati di gerai-gerai 7-Eleven dan UKM Gallery berlokasi di SME Tower, yang pada umumnya fokus kepada UKM produk pangan. Hal ini sejalan dengan konsep gerai 7-Eleven yang hampir 90 persen menjual makanan dan minuman siap saji.

“Kami memang memiliki komitmen untuk terus membina dan mengembangkan para UKM khususnya UKM pangan. Melalui pelatihan yang kami sediakan dan bekerjasama dengan LLP-KUKM, para UKM yang produk-produknya yang sudah dapat ditemui di outlet kami diharapkan dapat terus mengembangkan produk dan berkembang bersama kami melalui outlet-outlet 7-Eleven,” demikian ujar Henri Honoris, President Director PT Modern Putra Indonesia. Henri menambahkan bahwa pelatihan dan pembinaan ini akan terus dilakukan sepanjang tahun dengan modul-modul pelatihan yang dibutuhkan oleh para UKM.

Di lain kesempatan Ahmad Zabadi, Direktur Utama LLP-KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran – Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah) mengatakan, “Pendampingan yang intesif dan masif mampu memberikan kepercayaan diri pada UKM. Mereka butuh bimbingan untuk melihat bagaimana membuat produk tersebut sesuai harapan dan memenuhi standar dalam persaingan di pasar. Jadi strategi pendampingan ini penting sekali, melalui program kemitraan KUKM yang didukung oleh pihak yang fokus akan UKM seperti 7-Eleven, pada akhirnya akan membantu pengembangan UKM dengan produknya agar menjadi produk unggulan dan berkualitas,”

Untuk keterangan lebih lanjut:

  1. PT Modern Putra Indonesia

Neneng Sri Mulyati, Corporate Communication Div Head

(021) 2801000, Neneng@modern7-eleven.co.id

  1. LLP-KUKM

Atajudin Nur, Marketing Div. Head (atajudin@smescoindonesia.com)

Krismayu Noviani, Promotion & Commercial Service Head Unit (krismayu@smescoindonesia.com)